Pemkot Jogja Didesak Segera Tindak Lanjuti Pansus PKL Malioboro

Antara ยท Jumat, 22 Juli 2022 - 18:54:00 WIB
 Pemkot Jogja Didesak Segera Tindak Lanjuti Pansus PKL Malioboro
Pemkot Jogja diminta segera menindaklanjuti rekomendasi dari Pansus PKL Malioboro

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemkot Jogja diminta segera menindaklanjuti rekomendasi dari Pansus PKL Malioboro. Ada sejumlah rekomendasi yang disampaikan Pansus pada pertengahan Juli.

Ketua Panitia Khusus Pengawasan Relokasi PKL Malioboro Fokki Ardianto mengatakan Pada 15 Juli, Pansus Relokasi PKL Malioboro menyerahkan rekomendasi kepada Pemerintah Kota Yogyakarta yang berisi setidaknya 19 poin. Poin-poin ini harus segera ditindaklanjuti oleh Pemda DIY.

"Untuk prioritasnya, tentu kami berharap pada poin-poin rekomendasi yang mengarah ke kesejahteraan rakyat yaitu peningkatan pendapatan untuk pedagang yang sudah direlokasi," kata  di Yogyakarta, Jumat (22/7/2022).

Pansus bahkan memberikan catatan khusus apabila pemerintah daerah tidak menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan, maka pedagang kaki lima (PKL) yang sudah direlokasi sebaiknya diizinkan kembali ke tempat awal mereka berjualan yaitu di sepanjang pedestrian di sepanjang Malioboro.

"Kami harapkan setidaknya hingga akhir tahun ini sudah ada realisasi kebijakan dan aksi nyata pemerintah sebagai jawaban atas rekomendasi yang kami sampaikan," katanya.

Jika berasumsi pada masa kinerja pansus yang berjalan selama enam bulan, maka Fokki berharap, pemerintah daerah bisa menindaklanjuti rekomendasi dalam waktu yang sama.

Sejumlah poin rekomendasi yang mengarah pada aspek peningkatan pendapatan pedagang di antaranya memberikan pendampingan kepada pedagang kaki lima yang kini menempati Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2.

Pansus juga merekomendasikan agar pengelolaan Teras Malioboro 2 dialihkan dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta ke Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta sejalan dengan pengelolaan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian DIY di Teras Malioboro 1.

Selain itu, pansus juga merekomendasikan agar dibuat jalur pengunjung sehingga sebaran pengunjung di Teras Malioboro 1 dan 2 merata karena saat ini masih ada kios yang dinilai sepi pengunjung.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: