Pemkot Jogja Kerahkan RT untuk Laporkan Data Kependudukan

Antara ยท Senin, 18 Juli 2022 - 11:45:00 WIB
 Pemkot Jogja Kerahkan RT untuk Laporkan Data Kependudukan
Pemkot Jogja mengerahkan rukun tetangga (RT) untuk melaporkan data kependudukan. (Foto Ilustrasi : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemkot Jogja mengerahkan rukun tetangga (RT) untuk melaporkan data kependudukan, khususnya data kematian, di wilayah masing-masing. Data ini kemudian dilaporkan ke kelurahan, sebagai salah satu upaya tertib administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil) Kota Yogyakarta Septi Sri Rejeki mengatakan setiap RT memiliki kewajiban untuk mencatat perubahan data kependudukan di wilayah masing-masing, termasuk soal warga yang meninggal dunia.

"Pelibatan rukun tetangga ini disebabkan karena ada perbedaan antara jumlah orang yang meninggal dengan data kematian yang kami miliki," kata i di Yogyakarta, Senin.

Sri Rejeki mengatakan data tersebut kemudian dilaporkan ke kelurahan, dan kelurahan berkewajiban menyampaikan ke Disdukcapil. "Harapannya, antara data kematian dan jumlah kematian pun sinkron," tambahnya.

Pencatatan data warga dengan melibatkan RT tersebut tidak hanya dilakukan terkait peristiwa kematian warga berdomisili di Kota Yogyakarta, melainkan juga setiap warga di wilayah RT masing-masing tanpa membedakan asal kependudukan.

"Semua warga yang berdomisili di Yogyakarta harus tercatat jika ada kematian dan semuanya dilaporkan," katanya.

Sejak diberlakukan pada awal tahun, Septi menyebut respons dari pengurus RT sangat baik dibuktikan dengan penyampaian laporan rutin bulanan ke kelurahan, untuk selanjutnya kelurahan meneruskan ke Disdukcapil Kota Yogyakarta.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: