Pemkot Jogja Prioritaskan Pemeriksaan TBC bagi ODHA

Antara · Rabu, 01 Desember 2021 - 07:35:00 WIB
Pemkot Jogja Prioritaskan Pemeriksaan TBC bagi ODHA
Pemeriksaan TBC. (Foto: Ilustrasi/Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id – Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, akan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi orang dengan HIV/AIDS, khususnya dalam mencegah penularan tuberculosis (TBC). Kelompok ini menjadi yang paling rentan terhadap penularan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan, pemeriksaan intensif ini mulai dilakukan sejak dua pekan lalu. Rencananya program ini akan diluncurkan pada peringatan Hari Aids Sesunia. 

“Pemeriksaan kepada orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dilakukan setiap hari Sabtu untuk mendeteksi dini agar penanganan lebih mudah,” kata Emma, Selasa (30/1/2021). 

Pemeriksaan ini menjadi salah satu bantuan bagi ODHA. Mereka harus dibantu dalam pengobatan dan menghilangkan stigma negatif yang dialaminya. Apalagi data di dinas, jumlah Odha ada sekitar 1.200 orang yang tersebar di seluruh kecamatan. 

Penularan HIV/AIDS tidak hanya diakibatkan karena perilaku manusia. Namun ada juga dari penggunaan narkoba dan jarum suntik. Dinas juga melakukan pemeriksaan secara mobile di lokasi yang rawan terhadap penularan. 

“Jika ditemukan kasus maka akan kami tangani, meski pasiennya berasal dari luar daerah,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: