Pemkot Yogyakarta Kerja Keras Kurangi Kawasan Kumuh

Antara ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 23:00:00 WIB
Pemkot Yogyakarta Kerja Keras Kurangi Kawasan Kumuh
Kawasan bantaran Sungai Winongo di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta akan ditata untuk penataan permukiman kumuh. (Foto : Antara)

YOGYAKARTA,iNews.id - Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja keras untuk terus mengurangi kawasan kumuh. Ditargetkan luasan kawasan kumuh di akhir 2022 bisa berkurang drastis.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Sigit Setiawan mengatakan saat ini  sisa kawasan kumuh masih di kisaran 90 hektare. 

"Pada akhir tahun kami akan melakukan penghitungan ulang sehingga diharapkan bisa mengurangi kawasan kumuh yang ada saat ini,” kata  di Yogyakarta, Jumat (5/8/2022).

Menurut dia, pengurangan kawasan kumuh dilakukan dengan penataan di berbagai sektor yang selama ini menjadi indikator kawasan kumuh. Penanganan bisa dilakukan per indikator atau penanganan secara terintegrasi dari berbagai indikator dalam sebuah kawasan.

Pada awal 2021, luasan kawasan kumuh di Kota Yogyakarta tersisa sekitar 114 hektare dan melalui berbagai program penataan yang dilakukan dapat dikurangi sekitar 20 hektare.

Hanya saja, lanjut Sigit, penanganan kawasan kumuh pada tahun anggaran 2022 hanya dilakukan melalui APBD Kota Yogyakarta saja.

“Tahun ini, sama sekali tidak ada dana dari APBN yang masuk untuk penanganan atau penataan kawasan kumuh meskipun sudah diusulkan tetapi belum disetujui oleh pusat,” katanya.

Penataan kawasan kumuh yang didanai oleh APBD Kota Yogyakarta dilakukan dalam skala kawasan di Kampung Sambirejo Kelurahan Prenggan.

“Karena sifat penataan yang dilakukan adalah penuntasan, maka tidak akan berpengaruh pada pengurangan luasan kawasan kumuh,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: