Peneliti UGM Kembangkan Strategi Penyelamatan Gajah Sumatera dari Kepunahan

Kuntadi ยท Rabu, 09 Februari 2022 - 14:38:00 WIB
Peneliti UGM Kembangkan Strategi Penyelamatan Gajah Sumatera dari Kepunahan
Bayi gajah sumatera lahir di Pusat Pelatihan Satwa Khusus Resor Tangkahan, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Sumut. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

YOGYAKARTA, iNews.id - Peneliti Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM), Wisnu Nurcahyo berupaya menyelamatkan Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) dari ancaman kepunahan. Mereka mengembangkan strategi untuk menjaga dengan melakukan upaya konservasi bersama sejumlah mitra kerja.  

Wisnu mengatakan, Gajah Sumatera yang menjadi subspesies Gajah Asia yang masih tersisa di dunia dengan status terancam punah. Saat ini populasinya terus menurun karena berbagai faktor. 

“Oleh sebab itu upaya konservasi penting dilakukan guna menjaga dan melestarikan Gajah Sumatera ini,” kata Wisnu, Selasa (8/2/2022).

Kerja sama ini dilakukan dengan Veterinary Society for Sumatran Wildlife Conservation (VESSWIC). Mereka menjalankan sejumlah program, salah satunya meningkatan kualitas pengelolaan gajah jinak Sumatera secara terpadu. Selain itu juga membangun sistem Database Gajah jinak terkait data individual, rekam medis, identifikasi penyakit dan analisis DNA.

“Populasi Gajah Sumatera saat ini diperkirakan telah mengalami penurunan sekitar 35 persen dari tahun 1992 dan nilai ini merupakan penurunan yang sangat besar dalam waktu relatif pendek. Menurut World Wildlife Fund for Nature-Indonesia (2008) populasi gajah dengan total individu diperkirakan sebanyak 2.400-2.800 ekor,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: