Pengungsi Merapi Boleh Pulang, Bupati Sleman: Tunggu Rekomendasi BPPTKG

Priyo Setyawan ยท Sabtu, 16 Januari 2021 - 19:31:00 WIB
Pengungsi Merapi Boleh Pulang, Bupati Sleman: Tunggu Rekomendasi BPPTKG
Para pengungsi sedang bersantai di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Senin (16/11/2020). (Foto : iNews.id/Priyo Setyawan

SLEMAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman akan menunggu arahan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan dan Geologi (BPPTKG) terkait penanganan bencana dan pengungsi Merapi. Dari hasil analisa BPPTKG, potensi ancaman erupsi mengarah ke barat.

“Prinsip kami akan mengikuti rekomendasi BPPTKG baik menyangkut status maupun hal teknis lainnya termasuk pengungsi,” kata Bupati Sleman Sri Purnomo, Sabtu (16/1/2021).  

Saat ini Pemkab Sleman sudah menyiapkan 12 barak pengungsian untuk menampung pengungsi di tiga kapanewon, yakni Cangkringan, Pakem dan Turi. Setiap baraknya bisa menampung antara 300 sampai dengan 500 jiwa.  

“Ada 12 barak yang disiapkan untuk menampung pengungsi,” katanya.

Dua pekan fase erupsi, BPPTKG telah merilis kondisi terkini dari Merapi. Salah satunya potensi bahaya guguran lava pijar dan awan panas. Saat ini  ada perubahan tidak ke arah timur atau sungai Gendol, namun  mengarah ke sektor selatan-barat daya, meliputi sungai Krasak, Kuning, Boyong, Bedog, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5  kilometer. Jika terjadi  letusan eksplosif lontaran material vulkanik dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2