Penyair Berjuluk Presiden Malioboro, Umbu Landu Paranggi Meninggal Dunia

Chusna Mohammad · Selasa, 06 April 2021 - 13:07:00 WIB
Penyair Berjuluk Presiden Malioboro, Umbu Landu Paranggi Meninggal Dunia
Penyair legendaris, Umbu Landu Paranggi yang mendapat julukan Presiden Malioboro, meninggal dunia di Bali, Selasa (6/4/2021).⁣ (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNews.id - Dunia sastra Indonesia berduka. Penyair legendaris, Umbu Landu Paranggi yang mendapat julukan Presiden Malioboro, meninggal dunia di Bali, Selasa (6/4/2021), dini hari.⁣

Umbu Landu Paranggi dikenal sebagai guru bagi para penyair Indonesia dan sejumlah sastrawan besar. ⁣Kabar berpulangnya Umbu ramai dikabarkan pegiat sastra melalui media sosial.

"Sahabat kita, bung Umbu, berpulang. Guru batin kami pamitan dinihari tadi," tulis penyair Warih Wisatsana di akun Facebook miliknya. 

Umbu meninggal dalam usia 77 tahun dini hari tadi di Rumah Sakit Bali Mandara Denpasar. "Kami masih menunggu keluarga almarhum datang dari Sumba," ujar Warih ketika dihubungi. 

Umbu lahir di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, 10 Agustus 1943. Dia dikenal sebagai Presiden Malioboro karena banyak bergiat di kawasan Malioboro, Yogyakarta itu pada dasawarsa 70-an bersama Persada Studi Klub (PSK).

PSK itu didirikannya dengan sekian banyak kawan dan muridnya, seperti Linus Suryadi AG, Iman Budi Santosa, Korrie Layun Rampan, Emha Ainun Nadjib, Eko Tunas, dan lainnya.

Awalnya, pada tahun 1969, Umbu mengasuh rubrik sastra di mingguan Pelopor Yogya yang berkantor di Jalan Malioboro. Dia bersama Iman Budhi Santosa, Teguh Ranusastra Asmara, Ragil Suwarno Pragolopati, Suparno S. Adhy, Ipan Sugiyanto Sugito, Mugiyono Gitowarsono, kemudia mendirikan PSK.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2