Perahu Terbalik Dihantam Ombak di Gunungkidul, Bapak dan Anak Hilang

Kuntadi ยท Selasa, 26 November 2019 - 19:35 WIB
Perahu Terbalik Dihantam Ombak di Gunungkidul, Bapak dan Anak Hilang
Tim SAR dibantu nelayan berusaha mencari dua nelayan yang hilang setelah perahu yang ditumpangi terbalik dihantam ombak di Gunungkidul. (Foto: Dok.iNews.id))

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Perahu nelayan "Dinda Bestari" yang ditumpangi tiga nelayan terbalik usai dihantam ombak besar di Pantai Watu Lumbung, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (26/11/2019). Akibat kejadian itu, dua nelayan hilang dan seorang lainnya selamat.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Kabupaten Gunungkidul, Sunu Handoko mengatakan, peristiwa itu terjadi saat ketiga korban hendak mencari ikan.

Perahu tersebut membawa dua nelayan yakni Gusaji (50), warga Malang, Jawa Timur, Pujiono (40) dan anaknya, Deni Setiawan (13) warga Dusun Nglaban Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul.

Mereka kemudian menebar jaring, di sisi timur Pantai Watu Lumbung hingga tiga kali. Tiba-tiba datang ombak besar dan langsung menerjang perahu mereka.

“Akibatnya perahu terbalik dan korban terpental ke laut. Mereka berhasil mengapung dan berusaha menepi. Namun ombak besar membuat mereka terombang-ambing di lautan,” katanya.

Dalam kondisi terombang-ambing, kata dia, Gusaji berhasil berenang ke tepi pantai. Sedangkan dua korban lainnya masih di tengah lautan. Saat itu korban Pujiono berusaha memegang Deni, anaknya.

Diduga tidak kuat, kedua korban akhirnya tenggelam. Kejadian tu kemudian dilaporkan kepada tim SAR untuk dilakukan pencarian. “Kami masih lakukan pencarian, termasuk menurunkan dua perahu jukung,” ujarnya.

Humas Kantor Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto mengatakan, petugas sudah diterjunkan ke lokasi untuk membantu proses pencarian kedua korban.

Selain menyisir di darat, petugas juga mencari keberadaan bapak dan anak di laut. Namun sampai saat ini kedua korban belum berhasil diketemukan. “Kami sudah turunkan tim untuk membantu pencarian," ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki