Permintaan Pasar Ikan Lele di Bantul Tinggi, Ternak Lele Bisa Jadi Bisnis Menggiurkan?

Yohanes Demo ยท Selasa, 29 November 2022 - 17:03:00 WIB
Permintaan Pasar Ikan Lele di Bantul Tinggi, Ternak Lele Bisa Jadi Bisnis Menggiurkan?
Kolam lele dengan sistem terpal dianggap lebih efisien karena bisa menghemat penggunaan lahan. (Foto : MPI/yohanes demo)

BANTUL, iNews.id- Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan air tawar dengan permintaan cukup tinggi di Kabupaten Bantul. Bagaimana tidak, hampir disetiap rumah makan yang tersebar di Kota Jogja menjadikan olahan ikan lele sebagai menu yang disediakan untuk pembeli.

Misalnya, warung kaki lima yang sangat mudah ditemukan selalu menyediakan olahan lele sebagai menu andalan, selain olahan daging ayam dan bebek. Masuk akal jika hal tersebut membuat permintaan pasar ikan lele yang tinggi.

Selain alasan itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bantul, Kristanto Kurniawan mengungkap bahwa tingginya permintaan lele di Kabupaten Bantul belum bisa dipenuhi oleh peternak lokal secara penuh.

"Untuk Kabupaten Bantul itu permintaan ikan lele setiap hari sekitar 7 ton. Sementara yang bisa terpenuhi dari Bantul itu baru sekitar 3 ton," kata dia.

Sedangkan, Kristanto mengatakan untuk kebutuhan pasar ikan lele di DIY mencapai 30 ton sehari. Sehingga kata dia, untuk memenuhi kebutuhan rumah makan, ikan lele mentah banyak didatangkan dari luar kota. "Maka ini masih menjadi peluang yang besar untuk kita," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: