Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Pemkot Yogya Susun Buku Panduan KBM

Antara ยท Selasa, 24 November 2020 - 20:41:00 WIB
Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Pemkot Yogya Susun Buku Panduan KBM
Seorang siswa SDN I Terong, Dlingo, Bantul tengah belajar di rumah. Pemerintah akan memperbolehkan sekolah tatap muka mulai Januari 2021 mendatang. (Foto : iNews.id/Ainun Najib)

YOGYAKARTA, iNews.id - Menjelang pelaksanaan kembali pembelajaran tatap muka Januari 2021 mendatang, Pemerintah Kota Yogyakarta mulai melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya dengan menyusun buku panduan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka secara terbatas.

"Harapannya, buku panduan ini sudah bisa selesai disusun pada akhir pekan untuk kemudian disosialisasikan," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Selasa (24/11/2020).

Menurut dia, aspek yang perlu diperhatikan apabila kegiatan belajar mengajar tatap muka secara terbatas akan dilaksanakan kembali mulai awal tahun depan antara lain pemenuhan syarat penerapan protokol kesehatan berkenaan dengan pembatasan jumlah peserta didik dan jam belajar serta penyiapan materi pelajaran.

Jumlah peserta didik yang dapat mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah harus dibatasi maksimal 18 orang per kelas atau 50 persen dari total peserta didik dalam satu rombongan belajar. Jam belajar pun dibatasi 1,5 jam hingga maksimal dua jam per hari. Jumlah mata pelajaran yang diajarkan juga dibatasi.

"Diprioritaskan untuk mata pelajaran yang akan diujikan dalam ujian sekolah, ujian daerah, maupun ujian nasional," kata Haryadi, menambahkan, pelaksanaan KBM tatap muka harus dilakukan dengan persetujuan atau izin orang tua/wali siswa.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2