Petugas Cleaning Service Jujur, Serahkan Tas Berisi Uang Rp40 Juta Milik Penumpang Kereta yang Tertinggal

erfan erlin ยท Senin, 23 Januari 2023 - 11:49:00 WIB
Petugas Cleaning Service Jujur, Serahkan Tas Berisi Uang Rp40 Juta Milik Penumpang Kereta yang Tertinggal
Sudaryanto, petugas cleaning service Stasiun Tugu yang jujur, dia kembalikan tas penumpang berisi Rp40 juta. (Foto : dok PT KAI DOap 6)

YOGYAKARTA, iNews.id-Apa yang dilakukan Sudaryanto, petugas cleaning service PT KAI Daop 6 ini sungguh luar biasa. Dia mengembalikan tas berisi uang puluhan juta milik seorang penumpang kereta api yang tertinggal di stasiun. 

Meskipun dia pekerjaannya tak seberuntung orang lain, tetapi Sudaryanto masih tetap jujur. Dia tidak mengambil yang bukan menjadi haknya.

Lelaki ini mengembalikan tas yang berisi puluhan juta milik penumpang Kereta yang berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Bahkan uang di dalam tas tersebut tidak berkurang sedikitpun karena Sudaryanto tidak berani membukanya.

Sudaryanto mengatakan, peristiwa itu terjadi hari Sabtu (21/1/2023) ketika dirinya tengah mengepel lantai di depan mesin ATM kemudian melihat ada tas dekat dengan loket pembelian tiket. Saat itu kondisi ruangan tengah kosong tidak ada penumpang.

"Jadi saya lihat kiri kanan sudah tidak ada orang lagi. Tas-nya saya ambil dan tak kasihkan ke Satpam," tutur dia.

Dia mengaku tidak berani membuka tas selempamg tersebut karena bukan miliknya. Dia memilih langsung menyerahkan ke Satpam untuk diserahkan ke pemiliknya. Dirinya kaget ketika mengetahui isi tas tersebut ternyata uang Rp40 juta lebih.

Tak itu kemudian dibuka bersama-sama di mana ada empat orang yang menjadi saksi. Dan ternyata tas tersebut berisi uang lebih dari Rp40 juta berupa  pecahan Rp100-an. Petugas kemudian mengumumkan penemuan tas tersebut. "Sekitar 40 menitan orangnya datang mengambil. Untungnya orangnya belum berangkat," ujarnya.

Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo mengatakan, saat menggunakan transportasi umum seperti kereta api seringkali dijumpai barang milik pelanggan tertinggal di kereta api atau lingkungan stasiun. Beragam penyebab mendasari hal tersebut seperti tergesa-gesa hingga terlalu banyak membawa barang bawaan.

"Apalagi pada saat peak season libur panjang, karena banyaknya orang bepergian pada masa tersebut sehingga stasiun menjadi padat sehingga banyak pelanggan yang berkurang fokusnya sehingga mengakibatkan barang bawaan tertinggal,"kata dia.

Saat itu, petugas cleaning service menemukan sebuah tas hitam milik calon penumpang di area mesin check in counter. Saat itu memang stasiun dipadati oleh calon penumpang karena bertepatan dengan libur panjang Tahun Baru Imlek.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: