Polda DIY Berikan SIM Gratis 1 Juli, Berikut Syaratnya

Agregasi Harianjogja ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 13:47 WIB
Polda DIY Berikan SIM Gratis 1 Juli, Berikut Syaratnya
Ilustrasi perpanjangan SIM (Foto: Sindonews)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kabar gembira untuk pengendara warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Polda DIY akan memberikan surat izin mengemudi (SIM) gratis pada 1 Juli dengan berbagai ketentuan.

Kebijakan ini diberikan bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74. Direktorat Lalu Lintas Polda DIY akan memberikan penghargaan kepada masyarakat DIY berupa pembuatan SIM baru dan para pemohon SIM tidak dikenakan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Direktorat Lalu Lintas Polda DIY, di bawah Komando Dirlantas Kombes Pol I Made Agus Prasatya pembuatan SIM baru khusus bagi warga masyarakat yang memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dengan tanggal lahir 1 Juli. Untuk diketahui, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM A Rp120.000, SIM B Rp120.000, SIM C Rp100.000 dan sim D 50.000 dan SIM internasional Rp250.000.

"Khusus yang lahir pada tanggal 1 Juli," kata, seperti dikutip dari akun instagram @rtmcditlantasdiy.

Informasi SIM Gratis di Polda DIY (Foto: Instagram/rtmcditlantasdiy)
Informasi SIM Gratis di Polda DIY (Foto: Instagram/rtmcditlantasdiy)

Untuk mendapatkan SIM gratis tersebut, pemohon harus memenuhi syarat. Dokumen yang perlukan yakni surat keterangan sehat, memenuhi persyaratan pembuatan SIM, lulus uji teori dan praktek.

"(Pemohon yang memenuhi syarat) bisa datang langsung ke SATPAS SIM terdekat untuk melakukan pendaftaran," kata Made Agus.

Dia menambahkan layanan pembuatan SIM Baru ini hanya berlangsung selama satu hari saja dan diadakan serentak di seluruh Satpas se-DIY tepat pada 1 Juli 2020 atau bersamaan dengan Hari Bhayangkara ke-74.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul "Polda DIY Berikan SIM Gratis 1 Juli, Ini Syaratnya"


Editor : Nani Suherni