Ponpes Gipa Rohmatul Quran Siap Cetak Penghafal Al Quran di Kulonprogo

Kuntadi · Rabu, 13 Januari 2021 - 22:08:00 WIB
Ponpes Gipa Rohmatul Quran Siap Cetak Penghafal Al Quran di Kulonprogo
Bupati Kulonprogo Sutedji didampingi Wabup Fajar Gegana melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Pondok Pesantren (Ponpes) Griya Insan Penghafal Al Quran (Gipa) Rohmatul Quran akan didirikan di Kabupaten Kulonprogo. Menempati lahan seluas 4.000 meter, ponpes ini ingin mencetak penghafal Al Quran. 

Pondok pesantren ini dibangun di Terbah, Wates memanfaatkan tanah wakaf dari keluarga Wongsokarto. Untuk tahap awal ini dilakukan pembangunan masjid gede. Sedangkan untuk kegiatan pelaksanaan pembelajaran sebelum pondok jadi akan menempati rumah warga. 

“Lembaga kami banyak berkegiatan di Sentolo dan sudah banyak melahirkan penghafal. Alhamdulillah kami mendapakan tanah wakaf untuk kami dirikan pondok,” kata Pengasuh ponpes Gipa Rohmatul Quran, Rochmatullah, disela peletakan batu pertama, Rabu (13/1/2021). 
 
Para santri nantinya tidak hanya diajarkan memperdalam Al Quran saja. Mereka juga akan dilatih Bahasa Jepang, Mandarin dan bahasa asing lainnya. Kebetulan banyak santri yang ahli dan bersedia mengajarkan disini.  

“Nantinya juga akan ada lembaga formal, maupun tempat penitipan anak,” katanya.

Secara simbolis, peletaka batu pertama dilakukan oleh Bupati Kulonprogo Sutedjo, Wabup Fajar Gegana dan sejumlah kyai dan tokoh dari NU. Bupati berharap kehadiran masjid dan pondok ini akan menambah nuansa agamis di Kulonprogo. 

“Kami pesan, agar masjid jangan hanya menjadi kebanggaan dan simbol-simbol tetapi gunakan sebagai pusat pembinaan dan pembangunan umat Islam ke depan,” kata Sutedjo. 
 

Editor : Kuntadi Kuntadi