Potensi Ikan Melimpah, Pemkab Kulonprogo Didorong Berani Ekspor

Antara ยท Sabtu, 06 Agustus 2022 - 07:51:00 WIB
 Potensi Ikan Melimpah, Pemkab Kulonprogo Didorong Berani Ekspor
Untuk mendongkrak pendapatan nelayan Kulonprogo, Dinas Kelautan dan Perikanan diminta untuk berani lakukan ekspor ikan. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id- Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo didorong memanfaatkan potensi ikan di laut selatan yang melimpah untuk diekspor. Langkah ini untuk mendongkrak pendapatan nelayan. 

"Saat ini Bandara Internasional Yogyakarta telah dibuka penerbangan internasional ke Malaysia dan Singapura, sehingga bisa menjadi peluang untuk mendorong tumbuhnya industri perikanan di DIY, khususnya di Kulonprogo," kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo, Priyo Santoso, Jumat (5/8/2022).

Priyo menyebut saat ini, ekspor perikanan melalui Jakarta dan Surabaya, namun dengan adanya penerbangan internasional di Bandara YIA, maka ekspor bisa langsung. 

"Untuk itu, kami mendorong DKP mulai mendampingi nelayan mengoptimalkan hasil tangkapan ikan untuk ekspor," kata Priyo.

Priyo juga meminta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) meningkatkan kualitas sumber daya manusia nelayan Kulon Progo supaya lebih profesional. Nelayan diberikan pelatihan mengoperasikan kapal-kapal besar di atas lima grosston (GT) dan navigasi.

Kalau perlu memanfaatkan drone untuk menangkap ikan, sehingga tidak perlu melaut, tinggal mengoperasikan drone dari darat 

"Saat ini nelayan harus mampu bertransformasi dan modern, sehingga perlu ada pelatihan SDM nelayan," katanya.

Politisi PAN dari Daerah Pemilihan Galur dan Lendah ini juga berharap ada modernisasi alat tangkap ikan.

"Anggaran pemerintah kabupaten memang terbatas, kami berharap DKP mengakses dana alokasi umum (DAU) maupun dana alokasi khusus (DAK)," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: