Potensi Ikan Melimpah, Pemkab Kulonprogo Didorong Berani Ekspor

Antara ยท Sabtu, 06 Agustus 2022 - 07:51:00 WIB
 Potensi Ikan Melimpah, Pemkab Kulonprogo Didorong Berani Ekspor
Untuk mendongkrak pendapatan nelayan Kulonprogo, Dinas Kelautan dan Perikanan diminta untuk berani lakukan ekspor ikan. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pengelolaan TPI Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo Wakhid Purwosubiyantara mengatakan potensi perikanan tangkap pantai selatan sangat bagus, namun belum dimanfaatkan secara optimal karena keterbatasan sumber daya manusia nelayan yang andal dan profesional di bidang ini 

Dia mengatakan nelayan Kulonprogo sebagian besar merupakan nelayan sambilan yang bergantung juga di usaha pertanian hortikultura mulai dari cabai, semangka, melon dan sayuran. 'Sehingga usaha penangkapan belum menjadi pokok penghasilan," katanya.

Wakhid mengatakan hasil tangkapan ikan oleh nelayan juga tergantung dari musim. Di musim tertentu terdapat hasil tangkapan ikan yang memiliki nilai ekspor. Seperti layur, bawal putih dan lobster. Hasil tangkapan ikan tergantung dengan musim yang ada.

Untuk itu diperlukan peningkatan kapasitas SDM bagi nelayan berupa  peningkatan ilmu keterampilan dalam penangkapan ikan, navigasi, permesinan, dan pranoto mongso.

Selain itu, permasalahan yang dihadapi terutama  tentang perlindungan nelayan saat melaut. Sedangkan nelayan jenis usaha dengan risiko tinggi. Asuransi Nelayan subsidi dari pemerintah sudah tidak ada lagi.

"Program ke depan, kami akan melakukan peningkatan motivasi menangkap ikan. Salah satunya dengan mengajukan asuransi dari pemerintah daerah dan pusat. Kami juga akan meningkatkan sarana dan prasarana penangkapan dan pelelangan ikan," kata Wakhid.

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel: