Potensi Kekayaan Intelektual Tinggi, Kemenkumham Dorong Peningkatan Paten Penemu di DIY

Antara ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 14:33:00 WIB
Potensi Kekayaan Intelektual Tinggi, Kemenkumham Dorong Peningkatan Paten Penemu di DIY
Kemenkumham mendorong peningkatan permohonan paten penemuan di DIY. (Foto : Ist)

Tingginya potensi kekayaan intelektual di DIY mendorong Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar Patent Drafting Camp Tingkat Dasar di Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 11 sampai 15 Juli 2022.

Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual (KI) Sri Lastami mengatakan berdasarkan survey Global Innovation Index tahun 2021, peringkat Indonesia dalam jumlah permohonan paten sederhana meningkat dari peringkat 38 pada 2020 menjadi peringkat 27 pada tahun 2021.

"Jumlah permohonan paten kita masih sangat kecil. Jika dibandingkan Singapura yang memiliki sekitar 4 juta penduduk, namun mampu menghasilkan 4.000 invensi setiap tahunnya. Jumlah penduduk Indonesia 280 juta, artinya ini adalah tantangan dan tugas kita," ujar Sri.

Saat ini, DJKI menargetkan peningkatan kuantitas permohonan paten, kemudian pada tahap selanjutnya adalah membantu komersialisasi paten melalui link and match (relevansi dan kesinambungan) dengan industri.

"Universitas harus mulai melihat link and match dengan industri. Kreasi dan inovasi anak bangsa harus terus diberi stimulus agar semakin banyak lahir kreator dan inventor Indonesia yang mampu bersaing di level internasional dan mengharumkan nama bangsa Indonesia," kata Sri Lastami.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: