Potong Kabel CCTV, Komplotan Pencuri Berhasil Sikat 8 Kambing Pakai Mobil Avanza

erfan erlin ยท Jumat, 24 Juni 2022 - 20:08:00 WIB
Potong Kabel CCTV, Komplotan Pencuri Berhasil Sikat 8 Kambing  Pakai Mobil Avanza
Petugas menunjukkan barang bukti dan pelaku saat diamankan di Mapolsek Gamping. (Foto : MPI/erfan erlin)

SLEMAN, iNews.id- Syifa, seorang peternak di Balecatur, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman harus gigit jari. Delapan ekor kambing yang ia siapkan untuk Hari Raya Idul Adha mendatang ternyata raib digondol pencuri. Akibat pencurian yang terjadi tanggal 2 Juni 2022 silam, Syifa harus menanggung rugi Rp25 juta.

Syifa mengatakan, aksi pencurian tersebut terjadi ketika kandang miliknya sedang tidak dijaga. Sebab saat itu para penjaga sedang beristirahat sebentar karena pergantian hari. Di mana penjaga kandang tengah bebersih rumah dan sholat maghrib.

"Kalau waktu maghrib kan penjaga sedang istirahat melaksanakan ishoma sehingga kandang tidak ada yang jaga," kata dia, dijumpai di Mapolsek Gamping, Jumat (24/6/2022). 

Sebenarnya, dirinya telah memasang kamera CCTV di kandang tersebut. namun ternyata pergerakan pencuri kambing miliknya tidak termonitor dari layar pantauan CCTV yang berada di dalam ruangan. saat kejadian berlangsung, selain tak terekam di kamera sirkuit televisi, tidak ada pergerakan yang terdeteksi di kandang. 

Beruntung kasus pencurian tersebut berhasil diungkap oleh jajaran Reskrim Polsek Gamping. 8 ekor kambing milik Syifa berhasil diamankan dari sebuah kandang di kawasan Kapanewon Semanu Gunungkidul. Barang bukti tersebut telah diserahkan ke pemiliknya yang sah.

Kapolsek Kompol Bartolomeus Muryanto  kepada awak media menuturkan, usai mendapat laporan dari korban, pihaknya langsung menerjunkan tim untuk melakukan penyelidikan. Melalui penyelidikan dan informasi dari masyarakat, pihaknya mendapat petunjuk siapa yang telah melakukan aksi pencurian tersebut.

"Dan Senin (20/6/2022) kami dapat meringkus pelaku selanjutnya mengamankan barang bukti,"terang dia, Jumat (24/6/2022). 

Dari kasus tersebut, pihaknya berhasil mengamankan 3 orang pelaku. Masing-masing adalah  HM warga Srandakan, Bantul; SM warga Semanu, Gunungkidul dan TB yang merupakan warga Gamping, Sleman. Mereka kini berada di balik jeruji besi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: