Pramuka Gunungkidul Gelar Kemah di dalam LP Anak, Kok Bisa?

erfan erlin ยท Rabu, 14 September 2022 - 14:45:00 WIB
 Pramuka Gunungkidul Gelar Kemah di dalam LP Anak, Kok Bisa?
Anak-anak penghuni LPKA Kelas 2 Yogyakarta dan anggota Pramuka dari luar tampak akrab mengikuti Perkemahan di dalam Lapas Anak. (Foto : MPI/erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Enam buah tenda Pramuka nampak berdiri di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 2 Yogyakarta yang berada di Wonosari Gunungkidul. Beberapa anggota Pramuka nampak melakukan kegiatan di sekelilingnya.

Ternyata, anggota Pramuka tersebut tidak hanya anak-anak yang berhadapan hukum atau anak-anak yang menjalani vonis hukuman dari pengadilan karena berbagai kasus kriminal yang telah mereka lakukan sebelumnya, tetapi juga ada yang pelajar dari luar LPKA seperti SMA N 2 Playen dan juga PKBI.

Salah satu yang nampak semangat adalah WFM bocah berumur 17 tahun asal Indonesia Timur. Bocah yang kini menjalani pembinaan (hukuman) di LPKA Kelas 2 Yogyakarta karena melakukan pembunuhan di Kaliurang beberapa waktu lalu.

Bocah asal Indonesia Timur ini nampak menjadi petugas upacara yang membacakan Pancasila. Dia bahkan memimpin regu yang bertugas membacakan Pancasila, UUD 1945 dan juga Dasa Darma Pramuka.

Mereka kini tengah mengikuti kegiatan perkemahan berbangsa dan bernegara. Kemah di dalam LPKA ini memang mengkolaborasikan antara anak-anak warga binaan dengan anggota kwartir Pramuka Gunungkidul.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Purwadani menuturkan perkemahan ini diselenggarakan sebagai salah satu sarana pendidikan bagi anak-anak yang berhadapan hukum dan kini menjalani vonis di LPKA Kelas II Yogyakarta. Perkemahan ini mengandung nilai-nilai pendidikan kepramukaan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

"Tujuannya untuk mewujudkan manusia yang berkarakter, berakhlak mulia dan mandiri. Satu hal yang berbeda pada kegiatan perkemahan ini adalah diselenggarakan di tempat yang khusus yakni lembaga pembinaan khusus anak atau LPKA kelas 2 Yogyakarta,"ujar dia, Rabu (14/9/2022).

Ayu menjelaskan LPKA berfungsi sebagai tempat pembinaan bagi anak. Perkemahan ini menjadi istimewa karena kegiatan perkemahan ini pesertanya tidak hanya berasal dari LPKA kelas 2A Yogyakarta tapi berasal juga dari anggota pramuka lainnya antara lain saka wana Kartika 07.30 Gunung kidul, PKBI Gunung kidul dan SMA Negeri 2 Playen.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: