Presiden Ukraina Dikawal Tentara yang Gunakan Simbol Pasukan Nazi, Kok Bisa ?

Anton Suhartono ยท Senin, 19 September 2022 - 10:16:00 WIB
 Presiden Ukraina Dikawal Tentara yang Gunakan Simbol Pasukan Nazi, Kok Bisa ?
Volodymyr Zelensky dipotret dengan latar belakang pasukan pengawal menggunakan simbol mirip pasukan Nazi Jerman, SS (Foto: Kantor Kepresidenan Ukraina)

KIEV, iNews.id - Presiden Volodymyr Zelensky dikawal tentara Ukraina yang menggunakan simbol pasukan Nazi Herman, SS. Dalam foto yang beredar simbol pasukan Nazi Jerman itu terlihat jelas.

Kantor kepresidenan Ukraina pun menghapus foto Volodymyr Zelensky yang di dalamnya tampak pasukan pengawal mengenakan simbol ala pasukan Nazi Jerman, SS. 

Zelensky saat itu sedang berkunjung ke Izium, kota di Kharkiv yang direbut kembali oleh Ukraina dari pasukan Rusia. 

Seorang pasukan pengawal Zelensky diketahui memakai emblem bergaya SS dan masuk frame foto.

Kontan saja foto itu mengundang reaksi keras netizen setelah diunggah di beberapa platform media sosial, namun kemudian dihapus. Selain akun resmi kepresidenan di Telegram dan beberapa platform lain, foto itu juga sempat muncul di situs web kepresidenan.

Simbol yang dimaksud adalah tengkorak beserta tulang bersilang yang sangat mirip dengan lambang yang digunakan Divisi SS Panzer ke-3, Totenkopf. Lambang yang umumnya dipandang sebagai simbol kebencian ini begitu populer di banyak kalangan neo-Nazi saat ini.

Ada pula lambang tengkorak dengan dua tulang bersilang yang dimodifikasi dengan tambahan helm antipeluru serta headphone. Namun lambang itu tetap menampilkan simbol kunci seperti digunakan Divisi SS Panzer ke-1 Leibstandarte Adolf Hitler.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: