Ratakan Distribusi BBM dan Elpiji, Pertamina Bangun Pertashop di Pinggiran Desa

Kuntadi ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 14:32 WIB
 Ratakan Distribusi BBM dan Elpiji, Pertamina Bangun Pertashop di Pinggiran Desa
Pertamina mendirikan enam pertashop di DIY untuk memeratakan distribusi BBM dan elpij. (Foto : Humas pertamina)

YOGYAKARTA, iNews.id – PT Pertamina (Persero) melakukan pemerataan distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji, sampai di pelosok pedesaan. Mereka mendirikan outlet mini SPBU berupa pertashop di wilayah DIY.

“Saat ini sudah ada enam unit pertashop di DIY,” kata General Manager (GM) Pertamina Marketing Operation (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT), Rahman Pramono Wibowo, Kamis (30/7/2020).

Sebanyak tiga pertshop telah dibangun di Kabupaten Gunungkidul, yakni di Desa Sidoharjo, Girimulyo, dan Jurangrejo. Sedangkan di Kabupaten Kulonprogo ada dua di Desa Ngargosari dan Giripurwo.

“Satu unit baru diresmikan tanggal 29 Juli kemarin di Desa Umbulharjo, Sleman,” kata Pramono.

Pramono berharap jumlah pertashop di DIY terus bertambah seiring ketersediaan perangkat dan kesiapan lokasi desa. Pertamina juga telah mengusung program one village one outlet (OVOO) dan diharapkan di setiap kecamatan minimal ada satu outlet. Nantinya kebutuhan akan dipasok dari fuel Terminal Rewulu.

“Kita membuka peluang kerja sama dengan pemda dan pihak mana pun, untuk pencapaian OVOO serta meningkatkan perekonomian desa,” katanya.

Pertashop dibangun dengan tiga kategori kapasitas penyaluran yaitu antara 400 liter per hari (Gold), 1.000 liter per hari (Platinum) dan 3.000 liter per hari (Diamond). Untuk memperluas pembangunan pertashop, akan dikembangkan skema investasi oleh Pertamina dan skema investasi oleh lembaga desa.

“Meski berada di tengah desa, dalam pengoperasiannya telah memenuhi seluruh aspek keamanan dan keselamatan atau HSSE (Health, Safety, Security & Environment) sehingga aman untuk dioperasikan di tengah masyarakat perdesaan,” katanya.

Pertashop merupakan satu-satunya lembaga penyalur produk Pertamina yang legal atau memiliki izin resmi dari Pertamina selain SPBU. Pertamina mengimbau kepada masyarakat untuk mendapatkan produk BBM dan LPG di lembaga penyalur resmi.


Editor : Kuntadi Kuntadi