Rusia Bakal Pasok Peralatan Militer hingga Pesawat Tempur ke Myanmar

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 19:48:00 WIB
 Rusia Bakal Pasok Peralatan Militer hingga Pesawat Tempur ke Myanmar
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu (kiri) saat menyambut kunjungan pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, di Moskow, 22 Juni 2021. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id Rusia bakal memasok sejumlah perangkat keras militer termasuk pesawat tempur ke Myanmar. Keputusan Rusia ini dituduh sebagai legitimasi terhadap junta militer.

Menurut laporan kantor berita Interfax, Kepala Rosoboronexport (Badan Perdagangan Alustsita Rusia), Alexander Mikheev, Rabu (21/7/2021) Myanmar adalah salah satu pelanggan utama Rosoboronexport di Asia Tenggara. Ini disampaikan Mikheev di sela-sela acara pameran alat pertahanan udara tahunan Rusia, MAKS 2021, yang dihadiri Presiden Vladimir Putin pada Selasa (20/7/2021). 

Tak hanya itu, Myanmar juga menjadi mitra utama Rostec—konglomerat pertahanan dan kedirgantaraan pelat merah di negeri beruang merah.

Kendati demikian, Mikheev tidak memberikan perincian lebih lanjut terkait rencana penjualan perangkat militer ke Myanmar itu.

Aktivis HAM menuduh Rusia melegitimasi junta Myanmar yang merebut kekuasaan dalam kudeta 1 Februari lalu. Tuduhan itu terbukti lewat sikap Moskow yang melanjutkan kunjungan bilateral dan kesepakatan jual beli senjata dengan petinggi militer Myanmar.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, sebelumnya mengatakan negaranya berkomitmen untuk memperkuat hubungan militer dengan Myanmar. Hal itu diungkapkan Shoigu saat menyambut kunjungan pemimpin junta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, ke Moskow pada bulan lalu.

Hubungan pertahanan antara kedua negara menunjukkan perkembangan dalam beberapa tahun terakhir. Rusia memberikan pelatihan tentara dan beasiswa universitas kepada ribuan tentara Myanmar. Tak hanya itu, Moskow juga menjual senjata ke militer Myanmar—yang dimasukkan ke dalam daftar hitam oleh beberapa negara Barat.

Editor : Ainun Najib