Rusia Diejek Telah Gagal dalam Peperangan di Ukraina

Anton Suhartono ยท Rabu, 21 September 2022 - 18:39:00 WIB
 Rusia Diejek Telah Gagal dalam Peperangan di Ukraina
Rusia mengerahkan tentara cadangan dalam peperangan melawan Ukraina. (Foto : Reuters)

KIEV, iNews.id - Ukraina mengejek Rusia. Mereka menilai Moskow telah gagal dalam peperangan melawan negaranya itu.

Penasihat Presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan, keputusan Putin mengerahkan tentara cadangan sudah diprediksi sebelumnya.

Dia menilai pengerahan pasukan cadangan menunjukkan kegagalan Rusia. "Permintaah yang benar-benar bisa diprediksi, lebih terlihat seperti upaya untuk membenarkan kegagalan mereka," kata Podolyak, dalam pesannya tertulisnya kepada Reuters.

Podolyak mengatakan, keputusan Putin tersebut juga menunjukkan perang tidak berjalan sesuai skenario. 

"Perang jelas tidak berjalan sesuai dengan skenario Rusia, sehingga mengharuskan Putin membuat keputusan sangat tidak populer untuk memobilisasi dan sangat membatasi hak-hak rakyat," tuturnya.

Dalam pidato di televisi saat mengumumkan dekret, Putin juga menegaskan kembali tujuan operasi militer khusus Rusia di Ukraina yakni membebaskan Donbass. Menurut Putin, sebagian besar penduduk Donbass, wilayah meliputi Donetsk dan Luhansk, tidak ingin kembali dalam penindasan kelompok neo-Nazi Ukraina.

Beberapa hari sebelum memerintahkan operasi militer khusus di Ukraina pada 24 Februari, Putin mengakui berdirinya Republik Rakyak Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR).

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: