Rusia Sebut Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan sebagai Provokasi

Umaya Khusniah ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 23:05:00 WIB
 Rusia Sebut Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan sebagai Provokasi
Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi. (Foto : Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Tindakan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan dinilai sebagai tindakan provokasi. AS berniat untuk menekan Beijing.

Hal ini disampaikan Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova dalam jumpa pers Selasa (2/8/2022). Zakharova mengatakan, Rusia mendukung prinsip Satu China Beijing. Selain itu juga menentang kemerdekaan Taiwan dalam bentuk apapun.

Di hari yang sama, Menteri luar negeri China, Wang Yi kembali memperingatkan AS atas kunjungan Pelosi tersebut. "Para politisi AS yang bermain api dalam masalah Taiwan akan berakhir dengan tidak baik", menurut sebuah pernyataan kementerian.

Dia tidak merinci politisi AS yang dimaksud. China telah menyatakan penentangan terhadap kunjungan potensial ke Taiwan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, Nancy Pelosi diperkirakan akan tiba di Taipei, Taiwan, pada Selasa (2/8/2022). Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa orang yang diberi pengarahan tentang agenda politikus perempuan itu.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: