Sapi Kurban di Sleman Terserang Cacing Hati, DPPP Sleman: Jangan Dikonsumsi

Priyo Setyawan ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 19:26:00 WIB
Sapi Kurban di Sleman Terserang Cacing Hati, DPPP Sleman: Jangan Dikonsumsi
Panitia kurban menguliti sapi yang baru saja di sembelih pada Hari Raya Idul Adha di Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

SLEMAN, iNews.id – Sejumlah hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Sleman terserang cacing hati (Fasciola Hepatica). Cacing ini ditemukan oleh tim yang melakukan pengawasan dan pemantauan hewan kurban di sejumlah masjid dan tempat penyembelihan. 
 
Pengawasan hewan kurbn ini dilaksanakan oleh Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP). Total ada 9.128 ekor hewan kurban yang terdiri atas sapi 4.419 ekor, domba 3.416 ekor dan kambing 1293 ekor. 

“Ada 36 ekor sapi yang terkena penyakit cacing hati, sedangkan domba dan kambing tidak ada. Kami lakukan pemantauan di 1.198 titik penyembelihan di 17 kapanewon,” kata Plt Kepala DPPP Sleman Suparmono, Kamis (22/7/2021). 

Dinas menyarankan agar hati hewan yang terkena cacing hati untuk dimusnahkan dan tidak dikonsumi. Dari temuan yang ada, beberapa hati sapi yang terkena ada yang seluruhnya, separuh dan hanya sebagian kecil saja.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2