Sapi Kurban Presiden Jokowi di Kulonprogo Ngamuk saat Akan Diserahkan ke Masjid

Kuntadi ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 21:01 WIB
Sapi Kurban Presiden Jokowi di Kulonprogo Ngamuk saat Akan Diserahkan ke Masjid
Sapi kurban Presiden Jokowi lepas dan masuk ke halaman belakang rumah dinas bupati Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.idSapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Kulonprogo, DIY, sempat lepas sebelum diserahterimakan kepada takmir masjid, setelah tali pengikatnya putus. Beruntung sapi lari ke halaman belakang rumah dinas bupati. Setelah mendatangkan pawang, sapi yang mengamuk tersebut bisa dijinakkan.

Sapi jenis simental dengan bobot hampir 1 ton ini awalnya diikat pada pohon cemara dan pohon gerpule yang ada di halaman depan rumah dinas bupati Kulonprogo. Lantaran panas, panitia memindahkan ke tempat yang teduh.

Hanya saja sebelum dipindah, tali pengikat dan tali keluhan putus. Sapi ini pun lari ke halaman belakang rumah dinas. Sapi kurban ini terpojok dan oleh panitia dipasang sekat bambu agar tidak kabur.

“Sapi ini sempat mengamuk sehingga pohon cemara tumbang dan talinya lepas,” kata Sekretaris panitia penerimaan dan penyaluran hewan kurban Pemkab Kulonprogo Jazil Ambar Wasan.

Sembari menunggu pawang, sapi dibiarkan berada di halaman belakang rumah dinas. Agar tidak banyak bergerak, sapi ini diberikat sekat dari kayu.

Setelah pawang sapi didatangkan, sapi ini bisa dijinakkan dan dipasangi tali. Sapi ini kemudian dinaikkan ke truk untuk dikirim ke Masjid Al Iman yang ada di Banjarasri, Kalibawang.

Sapi dengan nama Sonar ini, awalnya milik Sulis yang ada di Cangkringan, Sleman. Setelah menjalani pemeriksaan, sapi ini lolos menjadi sapi kurban Jokowi bersama Gombloh asal Sedayu, Bantul.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan ada delapan sapi yang dibagikan kepada masyarakat Kulonprogo. Salah satunya sapi kurban dari Presiden Jokowi, dan satu ekor dari gubernur. Selain itu juga dari bupati dan wakil bupati, serta dari beberapa pengusaha. Sedangkan kambing yang diserahkan ada 34 ekor.

“Hari ini, kita bagikan delapan sapi dan 34 ekor kambing kepada takmir masjid,” kata Sutedjo.


Editor : Kuntadi Kuntadi