Sego Wiwit, Sajian Kuliner Unik Cocok Disantap di Tepi Sawah

Kuntadi ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 12:41:00 WIB
Sego Wiwit, Sajian Kuliner Unik Cocok Disantap di Tepi Sawah
sejumlah pengunjung bersantai di Resto dadap Sumilir yang ada di hamparan persawahan di Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Berburu kuliner tidak lengkap jika belum ke Resto Dadap Sumilir yang ada di Pendoworejo, Girimulyo, Kulonprogo. Selain bisa menikmati aneka sajian menu khas Kulonprogo, wisatawan juga akan dimanjakan dengan keindahan alam perbukitan Menoreh. 

Resto yang terletak di tepi Jalan Nanggulan-Kaligesing didirikan oleh Susi Yantiningsih sejak pertengahan 2020 lalu. Ada belasan resto di sepanjang jalur ini. Lokasinya berada di tepi jalan raya dan berada di areal persawahan yang sejuk. Tidak heran banyak pengunjung berlama-lama di tempat ini. 

Resto ini menawarkan berbagai menu tradisional. Salah satunya menu sego wiwit yang dulu banyak dijumpai saat masa panen padi. Menu ini sangat cocok disantap di tepi hamparan sawah. 

Nasi wiwit dibungkus mirip dengan nasi kucing khas warung angkringan. Bedanya dalam satu bungkus terdiri dari nasi, dengan lauk berupa ayam suwir, potongan tempe, ikan teri dan sambal gepleng. Harganya juga sangat terjangkau di kisaran Rp10.000. 

“Nasi wiwit ini menjadi menu khas di sini,” kata Susi.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2