Sekolah di Yogyakarta Boleh Diizinkan Gelar PTM Terbatas dengan Prokes Ketat

Antara ยท Selasa, 15 Maret 2022 - 18:22:00 WIB
Sekolah di Yogyakarta Boleh Diizinkan Gelar PTM Terbatas dengan Prokes Ketat
Kegiatan PTM di salah satu sekolah di Kota Yogyakarta (5/1/22). PTM terbatas masih diperbolehkan dengan syarat prokes ketat. (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemkot Yogyakarta mengizinkan sekolah untuk menggelar pembelajaran tatap muka secara terbatas. Syaratnya harus mampu melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan pembelajaraan tatap muka terbatas bisa digelar dengan syarat sekolah, siswa, dan orang tua berkomitmen kuat untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Menurut dia, salah satu pertimbangan pemberian izin untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka di sekolah adalah memberikan kesempatan yang lebih baik kepada siswa dan sekolah untuk melaksanakan persiapan asesmen standarisasi pendidikan daerah (ASPD).

“Makanya, siswa yang diprioritaskan untuk bisa mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah adalah siswa kelas 6 SD dan 9 SMP yang sebentar lagi  menjalani ASPD. Supaya persiapan mereka lebih baik,” Kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa (15/3/2022).

Heroe meminta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk melakukan seleksi dan pengawasan secara ketat kepada sekolah dalam menjalankan pembelajaran tatap muka secara terbatas tersebut. “Kapasitas di dalam ruangan juga harus diperhatikan. Maksimal 50 persen,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budhi Asrori mengatakan pemberian izin penyelenggaraan pembelajaran tatap muka di sekolah juga merupakan respons atas aspirasi masyarakat.

“Kebijakan ini untuk merespons aspirasi masyarakat, karena anak-anak mereka sudah terlalu lama di rumah mengikuti pembelajaran daring,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: