Setiap Kampung Wisata di Jogja akan Di-Branding untuk Dongkrak Nilai jual

Antara ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 20:09:00 WIB
 Setiap Kampung Wisata di Jogja akan Di-Branding untuk Dongkrak Nilai jual
Salah satu sudut di Kampung Wisata Purbayan Yogyakarta. (Foto Ilustrasi : HO-Dinas Pariwisata Kota Yogya)

YOGYAKARTA, iNews.id- Pemkot Jogja mengupayakan setiap kampung wisata memiliki "branding" masing-masing. Ini untuk mendongkrak nilai jual sehingga lebih banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan pihaknya berusaha membantu kampung wisata menemukan potensi unggulan.

"Separti produk unggulan hingga aktivitas wisata unggulan yang kemudian menjadi branding dari setiap kampung wisata," kata Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Jumat (5/8/2022).

Dengan memiliki branding, Wahyu berharap, setiap kampung wisata dapat memasarkan potensi wisata yang mereka miliki dengan lebih mudah.

Branding yang dimiliki dari setiap kampung wisata diwujudkan dalam bentuk logo hingga tagline untuk memudahkan wisatawan mengenal dan memahami potensi unggulan yang dimiliki kampung wisata tersebut.

Dari 18 kampung wisata yang sudah terbentuk, belum semuanya memiliki branding tetapi Wahyu memastikan dinas yang dipimpinnya tetap akan memberikan pendampingan kepada seluruh kampung wisata untuk bisa menemukan branding mereka masing-masing secara bertahap.

Sejumlah kampung wisata yang sudah memiliki branding di antaranya Kampung Wisata Tahunan yang dikenal dengan produk kain batik jumputan, sibori, hingga ecoprint.

"Kampung Wisata Taman Sari juga sudah memiliki branding dan hari ini disusul dengan peluncuran branding Kampung Wisata Purbayan Kotagede yang memiliki banyak potensi kriya, kuliner, dan destinasi wisata berupa kawasan dengan arsitektur bangunan rumah Jawa tempo dulu yang masih terpelihara," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: