Nakes Kulonprogo Mulai Divaksin Booster Tahap Kedua, Binda DIY Percepat Vaksinasi di Pinggiran

Kuntadi ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 19:29:00 WIB
Nakes Kulonprogo Mulai Divaksin Booster Tahap Kedua, Binda DIY Percepat Vaksinasi di Pinggiran
Seorang lansia mendapatkan vaksinasi Covid-19 di yang dolaksanakan Binda DIY di Demangrejo, Sentolo, Jumat (5/8/2022). (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Dinas Kesehatan Kulonprogo mulai melaksanaan vaksinasi booster tahap kedua bagi tenaga kesehatan. Tercatat ada 1.400 yang akan menjadi sasaran vaksinasi ini pada bulan ini. 

“1.400 tenaga kesehatan diupayakan mendapatkan vaksin booster tahap kedua bulan ini,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulonprogo, Rina Nuryati, Jumat (5/8/2022).

Jumlah tenaga kesehatan, ada 2.868 orang. Vaksinasi ini akan dilakukan bertahap dua kali, untuk mengantisipasi bila terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi (Kipi) agar tidak mengganggu pelayanan di fasilitas kesehatan (faskes). 
   
Dinkes Kulonprogo sudah mendapatkan alokasi vaksin jenis Moderna sebanyak 854 dosis. Vaksin ini diperuntukan bagi nakes dan masyarakat. Sedangkan nakes yang sudah mendapatkan vaksinasi ada 28 orang dan tidak ada laporan Kipi.

Sementara itu, Badan Interlijen Daerah (Binda) DIY kembali mendukung percepatan vaksinasi di Kulonprogo. Hari ini vaksinasi dilaksanakan di Padukuhan Kenteng, Kalurahan Demangrejo, kapanewon Sentolo dengan target 200 sasaran. 

“Kami akan terus mendukung percepatan vaksinasi di masyarakat, khususnya di pinggiran dan daerah yang akses ke fasyankes terbatas,” kata Koordinator Vaksinasi Covid-19 Binda DIY untuk wilayah Kulonprogo, Wury Atmaja.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: