Tak Dapat Bansos, 2 Warga Kulonprogo Surati Presiden Jokowi

Kuntadi ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 17:12:00 WIB
Tak Dapat Bansos, 2 Warga Kulonprogo Surati Presiden Jokowi
Ilustrasi bansos. (Foto: Ilustrasi/Ist)

KULONPROGO, iNews.id - Dua warga Kulonprogo berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta bantuan sosial (bansos). Selama pandemi Covid-19 mereka merasa belum menerima bantuan dari pemerintah. 

Surat ini dibuat tertanggal 4 April 2022 silam yang ditujukan kepada Presiden Jokowi, Menteri Sosial, Bupati Kulonprogo dan Lurah Sentolo. Kedua warga RT 1 RW 1 Padukuhan Malangan, Kalurahan Sentolo tersebut, Suharto Adi Prayitno yang berprofesi sebagai petani dan Aris Sulistya bekerja sebagai buruh harian lepas. 

Keduanya berstatus bapak dan anak yang tinggal satu rumah namun sudah berpisah kartu keluarganya. Dalam suratnya mereka mengatakan belum mendapatkan bantuan sosial, baik berupa PKH, dan bansos lain bersumber APBN, APBD maupun dari desa.

“Tadi malam kami dapat informasi itu dari kementerian dan tadi pagi perwakilan Kemensos sudah mengecek,” kata Kepala Dinas Sosial Permberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulonprogo Y Irianto, Jumat (5/8/2022). 

Pengecekan ini dilakukan perwakilan Dirjend Lansia didampingi Balai Antasena Magelang yang berwenang dalam penyaluran bansos di area Kulonprogo bersama dari kabupaten hingga kalurahan. Mereka sudah diantar ke Sentolo untuk melakukan assesement secara langsung. 

“Bagi saya ini tidak masalah. Sebetulnya dalam aplikasi Kemensos ada namanya usul dan sanggah yang dimunculkan Agustus 2021. Siapapun boleh usul atau menyanggah jika ada tetangga yang menerima namun dipandung kaya,” katanya.
 
Setiap usulan yang masuk di aplikasi akan ditampung Kemensos dan disampaikan ke kabupaten. Nantinya akan dilakukan assesment dan ketika memang layak pasti akan mendapatkan bantuan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: