Sidang Lanjutan Penggelapan Tas Branded Senilai Rp12 Miliar di PN Sleman, Begini Faktanya

Galih Wisma ยท Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:17:00 WIB
Sidang Lanjutan Penggelapan Tas Branded Senilai Rp12 Miliar di PN Sleman, Begini Faktanya
Lanjutan persidangan kasus penggelapan tas branded senilai Rp12 miliar di PN Sleman. (Foto: istimewa)

Jaksa penuntut telah mendakwa kliennya melalukan penggelapan tas dan jam tangan impor milik korban Santoso Nidyo. Peristiwa ini diawali saat korban bekerja sama dengan Angela Charlie (terdakwa lain) dalam bisnis tas dan jam tangan impor, pada Februari 2017.

Korban memberikan suntikan modal senilai Rp12 miliar dengan profit empat persen. Namun dalam perjalanannya Angela Charlie mengalami kesulitan mengembalikan modal. Sebagai solusi Angela Charlie meminjam uang Rp7 miliar kepada terdakwa, dengan jaminan 61 tas dan 7 jam tangan impor. 

Santoso Nindyo akhirnya mentransfer Rp3,5 Miliar kepada suami terdakwa atas permintaan Angela Charlie untuk menebus 22 tas dan 3 jam tangan dari total 68 item barang yang digadaikan. Dilanjutkan mengecek sisa 43 tas dan jam tangan impor yang belum ditebus. Untuk memastikan kondisi barang tidak berubah. 

Pada Oktober 2017, Korban membuat laporan ke Polres Sleman, dengan terlapor Angela Charlie. Proses hukum berlanjut, hingga dijatuhkan putusan pidana penjara 10 bulan dari tuntutan 1 tahun. Sampai pada pemeriksaan barang bukti, korban mengaku tidak sesuai dengan kondisi saat awal digadaikan, sehingga terdakwa dilaporkan dengan pasal penggelapan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: