Sleman Tingkatkan Produksi Ikan dengan Sistem Mina Padi

Priyo Setyawan ยท Senin, 13 September 2021 - 23:18:00 WIB
 Sleman Tingkatkan Produksi Ikan dengan Sistem Mina Padi
Bupati Sleman Kustini (dua dari kanan) memanem ikan Kelompok Petani Ikan (KPI) Mina Makmur, Ngagul Agulan, Sendangrejo, Minggir, Sleman, Senin (13/9/2021). (Foto : Dok Humas Pemkab Sleman)

SLEMAN, iNews.id - Pemkab Sleman terus berupaya meningkatkan produksi ikan air tawar. Di antaranya melalui program mina padi.

Bupati Sleman, Kustini mengatakan, program mina padi cukup signifikan untuk meningkatkan produksi perikanan di Kabupaten Sleman. Terbukti dari tahun ketahun produksi perikanan, baik produksi benih maupun ikan konsumsi mengalami peningkatan rata-rata 16,89 persen pertahun.  

Selain dengan mina padi, berbagai teknologi juga telah dikembangkan untuk meningkatkan produksi perikanan. Yaitu  budidaya ikan dengan sentuhan teknologi kincir  (Sibudi Dikuci), mina padi kolam dalam, budidaya udang dengan padi (UGADI), budidaya ikan gurami dengan sistem booster dan budidaya ikan dengan sistem bioflok untuk ikan lele.

“Semoga dengan adanya berbagai macam teknologi ini akan memberikan dampak positif untuk meningkatkan hasil produksi dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” katanya.

Ketua KPI Mina Makmur, Marjono mengatakan, dalam budidaya mina padi kolam dalam, kelompoknya memanfaatkan lahan sawah seluas 5.000 m².

Varietas padi yang digunakan yaitu IR 64 dan bibit ikan nila 175 Kg dengan modal awal Rp 21.833.500. Dalam waktu tiga bulan, lahan tersebut mampu memanen 1,24 ton ikan nila serta 5,12 ton/ha padi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: