SMKN 2 Depok Sleman Dilaporkan Tarik Pungutan Rp3,5 Juta per Siswa, Ini Komentar Kasek

erfan erlin ยท Rabu, 21 September 2022 - 19:37:00 WIB
 SMKN 2 Depok Sleman Dilaporkan Tarik Pungutan Rp3,5 Juta per Siswa, Ini Komentar Kasek
Kepala ORI Perwakilan DIY Budhi Masturi. (Foto : Ist)

Kepala ORI Perwakilan DIY Budhi Masturi membenarkan adanya laporan dari wali murid sebuah SMK, perihal dugaan adanya pungutan. Termasuk laporan bahwa anak wali murid yang bersangkutan itu juga mendapat perlakuan yang membuatnya tidak nyaman. Laporan tersebut kini tengah mereka pelajari.

"Itu dilakukan oleh teman-teman sekolahnya. Sebagai imbas protes yang dilakukan sang ayah. Padahal, pihak sekolah seharusnya berkewajiban melindungi," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala SMKN 2 Depok Agus Waluyo membantah tudingan yang diarahkan kepada sekolah. Ia mengatakan, sekolah tidak pernah memungut apapun kepada wali murid. 

"Kalau sumbangan kami memang menyampaikan kepada Komite Sekolah mengenai rincian biaya yang dibutuhkan selama pendidikan di tahun ajaran berjalan," ujar dia.

Selanjutnya, Komite Sekolah yang akan menyampaikan kepada wali murid-wali murid perihal kebutuhan dana tersebut dan ada himbauan untuk menyumbang. Namun sumbangan tersebut sifatnya sukarela jika wali murid tidak menyumbang pihak sekolahpun tidak mempermasalahkannya.

Dia menyesalkan munculnya keberatan atas sumbangan itu sampai ke pihak luar. Karena sejatinya pihak sekolah telah membuka saluran komunikasi bagi wali murid yang tidak setuju, keberatan atau memiliki kendala atas adanya sumbangan.

"Lebih baik kan, membicarakannya baik-baik dengan pihak sekolah. Kemarin juga sudah ada juga beberapa wali murid datang ke kami untuk komunikasi (soal sumbangan)," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: