Sosialisasi Dimulai, Jalan Tol Yogyakarta-Bandara YIA Sepanjang 38,75 Kilometer

Kuntadi ยท Senin, 17 Oktober 2022 - 22:45:00 WIB
Sosialisasi Dimulai, Jalan Tol Yogyakarta-Bandara YIA Sepanjang 38,75 Kilometer
Jalan Tol (foto: Ilustrasi/antara)

KULONPROGO, iNews.id - Jalan tol trase Yogyakarta-Bandara Yogyakarta International Aiport (YIA) akan dibangun sepanjang 38,75 kilometer. Jalan ini akan menggunakan 3.335 bidang dengan luasan mencapai 3.443.166 meter persegi. 

“Trase jalan tol Yogyakarta-Yogyakarta Internasional Airport (YIA) sepanjang 38,75 kilometer (km) telah diubah sebanyak empat kali,” kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) DIY Krido Suprayitno pada sosialisasi pembangunan Jalan tol di Pemkab Kulonprogo, Senin (17/10/2022). 

Jalan tol di Kulonprogo ini akan melintasi enam kapanewon dan 18 kalurahan, dengan luasan 344,32 hektar dan 3.335 bidang yang terkena pembangunan jalan tol. Jalan tol ini akan melewati Kapanewon Sentolo yang meliputi Kalurahan Banguncipto dan Kaliagung. Sedangkan di Kapanewon Nanggulan melewati kalurahan Donomulo. 

Sementara di Kapanewon Wates melewati Kelurahan Wates dan Kalurahan Sendangsari dan Karangsari di Kapanewon pengasih. Sedangkan di Kapanewon Temon melewati Kaluahan Kulur, Kaligintung, Temon Wetan, Temon Kulon, Karangwuluh, Sindutan dan Kebonrejo.

“Nanti akan ada tiga exit tol di Sentolo Wates dan Temon,” katanya. 
 
Menurut Krido, tim saat ini maish menyisir beberapa lokasi. Sebab dalam penetapan trase tidak boleh melanggara tata ruang, sius cagar budaya dan sumber mata air.  Tidak kalan penting adanya jalur alternatif di jalan tol yang menuju ke YIA di Kapanewon Temon.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: