Sosok Jenderal Kopassus Ini Diakui Kuat Fisik dan Bersahaja

Riezky Maulana ยท Jumat, 17 September 2021 - 15:04:00 WIB
Sosok Jenderal Kopassus Ini Diakui Kuat Fisik dan Bersahaja
Mayjen TNI (Purn) Mung Parahadimulyo. (Foto: dok. Kopassus).

JAKARTA, iNews.id - TNI tak pernah kekurangan sosok jenderal berpendirian teguh dan bersahaja. Satu di antaranya Mayjen TNI (Purn) Mung Parahadimulyo.

Namanya begitu dikenal di kalangan TNI, khususnya prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Maklum, dia pernah memimpin RPKAD (cikal bakal Kopassus) pada 1958-1964.

Tetapi bukan jabatan itu yang membuat sang jenderal begitu disegani, melainkan keteladanan luar biasa sebagai pemimpin.

Mung dikenal sebagai jenderal yang bersahaja. Ini diceritakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam bukunya.

Meski seorang jenderal, Mung ternyata tak punya pembantu rumah tangga. Dia bangun pukul 04.30 WIB, lalu menyapu dan mengepel lantai rumah.

Setelah semua pekerjaan rumah selesai, barulah jenderal kelahiran Yogyakarta itu berangkat ke kantor.

Tetapi tidak hanya itu yang membuat banyak orang terkesan. Mung juga sangat disiplin dan menempatkan urusan dinas bukan menjadi hal pribadi. Salah satunya tentang kendaraan.

Lantaran Mung tak memiliki kendaraan lain selain kendaraan dinas, anak Mung harus berjalan kaki ke sekolah sedangkan istrinya naik becak untuk belanja.

“Yang membuat kita terkesan, beliau juga melarang istri dan anak menggunakan kendaraan dinas,” kata Prabowo dalam buku biografinya berjudul ‘Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto’, dikutip Jumat (17/9/2021).

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: