Sri Sultan HB X Minta Produk Fashion DIY Tembus Pasar Internasional

Kuntadi ยท Jumat, 26 Agustus 2022 - 19:30:00 WIB
Sri Sultan HB X Minta Produk Fashion DIY Tembus Pasar Internasional
Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Foto : dok SINDOnews)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X minta agar fashion show DIY pada 2024 sudah menembus pasar internasional. Tidak hanya produk batik, namun juga aksesoris pendukung untuk menumbuhan ekonomi.  

"Saya melihat fashion di Jogja bisa menjadi kekuatan baru untuk memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi DIY dan menjadi lapangan kerja baru bagi warga masyarakat Yogyakarta," kata SUltan saat membuka Jogja Fashsio Week di Jogja Expo Center, Kamis (26/8/2022).   

Sultan mengatakan produk budaya dan tradisi DIY bisa menjadi nilai yang kuat karena memberikan keunikan dan ciri khas bagi fashion DIY. Ciri khas ini akan menjadi kekuatan tersendiri dengan didukung kreativitas. 

“Ciri khusus adalah kekuatan yang mutlak harus dimiliki fashion. Tidak bisa suatu produk fashion hanya tampil apa adanya,” kata Sultan. 

Sultan minta pelaku usaha untuk tidak berpuas diri dengan produk yang dihasilkan sidah laku. Inovasi harus terus dilakukan agar terus berembang. Semuanya harus saling mendukung untuk mewujudkan go internasional.
  
“Kami terus mendukung pertumbuhan fashion dan UMKM yang banyak menyumbang pertumbuhan ekonomi DIY,” katanya. 

Pemda DIY saat ini membangun eks Hotel Mutiara untuk menampung UMKM yang ada di DIY. Salah satunya produk fashion agar memiliki pasar yang lebih besar.   

Kepala Dinas Perindag DIY Syam Arjayanti mengatakan, event Jogja Fashion Week ditujukan untuk mendorong berkembangnya sektor industri kreatif dan produk kreatif khususnya produk fashion. Event ini untuk meningkatkan pemasaran dan memperluas jaringan pemasaran produk kreatif terkait fashion. 

“Kami ingin meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan IKM industri kreatif bidang fashion” katanya.

Pameran ini diikuti 100 STAN dari 100 UKM fashion serta pendukung fashion binaan Disperindag Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu untuk gelaran fashion show diikuti oleh 79 desainer yang berasal dari DIY, mulai 26-30 Agustus 2022 pukul 19.00 hingga 21.30. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: