Studio Alam Gamplong di Yogyakarta, Tempat Berburu Foto Instagramable di ‘Mini Hollywood’ Indonesia

Rilo Pambudi · Rabu, 06 April 2022 - 19:47:00 WIB
   Studio Alam Gamplong di Yogyakarta, Tempat Berburu Foto Instagramable di ‘Mini Hollywood’ Indonesia
Studio Alam Gamplong di Yogyakarta (Foto:Instagram @gamplong_studio)

JAKARTA, iNews.id- Studio Alam Gamplong di Yogyakarta, tempat berburu foto masih menjadi incaran wisatawan. Terutama bagi pecinta fotografi, lokasi ini wajib kamu kunjungi bersama teman-teman.

Yogyakarta memang surga bagi wisatawan karena memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat beragam. Tempat wisata di Yogyakarta seolah tidak ada habisnya dan selalu saja ada yang menarik untuk didatangi.

Salah satu objek wisata hits tempatnya para pemburu foto adalah Studio Alam Gamplong Yogyakarta.

Studio Alam Gamplong merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tempat ini semula adalah tempat syuting atau pengambilan gambar film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta dan film Bumi Manusia karya sutradara Hanung Bramantyo. 

Setelah syuting selesai, set yang telah didirikan tidak langsung dirobohkan melainkan diberikan kepada Bupati Sleman, Sri Purnomo sebagai kenang-kenangan monumental.

Setelah itu, studio alam tersebut lantas dijadikan sebagai tempat wisata baru dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Juli 2018 lalu.

Meski awalnya dibuat untuk keperluan properti film, tetapi setiap bangunan yang ada di sini dibuat sangat mirip dengan konsep aslinya.

Terdapat banyak sekali bangunan bernuansa jadul persis sesuai seperti setting film yang dibuat di sana. Oleh sebab itu, tidak heran jika objek wisata ini mendapat julukan 'Mini Hollywood'.

Daya Tarik Studio Alam Gamplong di Yogyakarta

Studio Alam Gamplong memiliki banyak sekali daya tarik. Sebagai bekas setting tempat film berlatar waktu abad abad 16-17 (Mataram), tempat ini menyuguhkan nuansa jadul yang kental.

Masuk ke objek wisata ini serasa bak berkunjung ke masa lalu karena kamu akan berada di tengah-tengah peradaban lama. Banyak bangunan semi permanen yang mencerminkan latar kehidupan di Jawa abad 16-17.

Terdapat replika gerbang keraton Kerajaan Mataram Islam, Pendopo Alit, Pendopo Ageng, Benteng Batavia, Kampung Mataram, Kampung Pecinan dan masih banyak lagi. Setiap sudut tempat ini rasanya tidak boleh terlewatkan dari jepretan kamera.

Sementara di bagian bekas syuting Bumi Manusia, kamu akan melihat replika perkampungan tradisional dan lingkungan perkotaan abad 19-20 awal. Terdapat bangunan-bangunan semi permanen yang mencerminkan kehidupan di awal abad 20. Mulai dari bangunan-bangunan pertokoan, restoran lama, tram, hingga kanal-kanal yang ada di tengah kota.

Berkunjung di tempat ini dijamin kamu akan betah berlama-lama untuk sekadar menikmati suasana, bernostalgia, dan yang pasti foto-foto. Setiap sudut Studio Alam Gamplong adalah spot foto yang sangat Instagramable.

Harga Tiket dan Jam Buka

Studio Alam Gamplong Yogyakarta terletak tidak jauh dari pusat Kota Jogja. Sehingga objek wisata ini cukup mudah dijangkau wisatawan. Alamat lengkapnya berada di Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Berdasarkan informasi di Instagram resmi @gamplong_studio, Studio Alam Gamplong dibuka setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: