Sudah Ada 398 Kerumunan Termasuk Acara Gibran, Kok Baru Anies Baswedan yang Dipanggil?

Harits Tryan Akhmad ยท Kamis, 19 November 2020 - 17:32:00 WIB
Sudah Ada 398 Kerumunan Termasuk Acara Gibran, Kok Baru Anies Baswedan yang Dipanggil?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Polda Metro Jaya. ( Foto Sindonews/Isra Triansyah)

JAKARTA, iNews.id - Pemanggilan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh polisi terkait kerumunan massa akibat kegiatan Habib Rizieq Shihab menuai banyak kritikan. Mereka mempertanyakan perlakuan berbeda oleh Polisi mengingat sebelum ini telah terjadi ratusan kali kerumunan massa termasuk saat pendaftaran ke KPU oleh Putra Jokowi.

Habib Rizieq Shihab (HRS) Center menyorot pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh polisi terkait dengan terjadinya kerumunan di Jakarta. Pemanggilan itu dipertanyakan mengingat sebelum ini telah terjadi ratusan kali kerumunan massa.

“Soal kerumunan massa, itu sudah terjadi 398 kali, ada datanya. Pak Anies itu yang ke-399. Pertanyaannya, setelah 399 kali terjadi, kenapa baru Pak Anies yang dipanggil,” kata Sekjen HRS Center Haikal Hassan Baras dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Pernyataan Babeh Haikal itu merespons pertanyaan sikap HRS Center mengenai rencana pemanggilan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Seperti diketahui, Emil juga akan diklarifikasi polisi terkait dengan kerumunan massa.

Pemanggilan RK dijadwalkan pada Jumat (20/11/2020) besok. Sementara Anies telah lebih dulu dipanggil polisi pada Senin lalu.

Menurut Haikal, pemanggilan RK terlihat terjadi karena desakan masyarakat. Setelah Anies diklarifikasi, muncul agar sikap yang sama juga diterapkan pada kepala daerah lain yang juga terjadi kerumunan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2 3