Sultan Minta Warga Jogja Tiadakan Takbir Keliling

Antara ยท Kamis, 06 Mei 2021 - 23:21:00 WIB
Sultan Minta Warga Jogja Tiadakan Takbir Keliling
Gubernur DIY Sri Sultan HB X. (Foto: Dok Pemda DIY)

YOYAKARTA, iNews,id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau warga Jogja meniadakan kegiatan takbir keliling. Ini untuk mengurangi kerumunan yang dapat menjadi sarana penularan Covid-19.

"Guna mengurangi potensi kerumunan, saya berharap masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling," kata Sultan melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis (6/5/2021).

Menurut Raja Keraton Yogyakarta ini, mengumandangkan keagungan Tuhan dengan membaca takbir di tengah situasi pandemi dapat dilakukan di rumah masing-masing.

"Menyerukan keagungan nama-Nya dapat dilakukan di rumah masing-masing bersama dengan orang-orang dan keluarga terkasih," kata dia.

Esensi dari hari kemenangan, kata dia, adalah tergapainya fitrah, bukan sekadar diwujudkan dengan selebrasi semata.

Selain itu, selaras dengan kebijakan pemerintah pusat, Sri Sultan meminta warga DIY untuk tidak mudik atau bepergian ke luar daerah. Demikian halnya kepada warga yang tengah berada di luar atau perantauan, untuk tidak pulang kampung ke DIY.

Dia memahami tidak ada yang mampu mengobati kerinduan kepada sanak saudara selain bertatap muka dan berjabat tangan langsung dengan mereka.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2