Penyekatan Pemudik, Polres Kulonprogo Amankan Pikap Bawa 78 Anjing

Kuntadi · Kamis, 06 Mei 2021 - 14:05:00 WIB
Penyekatan Pemudik, Polres Kulonprogo Amankan Pikap Bawa 78 Anjing
Polisi mengamankan barang bukti anjing yang dibawa dengan karung. (Foto: doc/Polres Kulonprogo)

KULONPROGO, iNews.id Operasi Ketupat Progo yang dilaksanakan Polres Kulonprogo berhasil mengamankan 78 ekor anjing yang dibawa menggunakan pikap, Kamis (6/5/2021) dini hari tadi. Anjing ini dibawa dari Garut, Jawa Barat dibawa ke Surakarta untuk dijual dagingnya.  

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jefry mengatakan, penangakapan ini bermula giat penyekatan larangan mudik yang dilaksanakan Polres Kulonprogo di Pos PAM Temon Kulonprogo. Saat itu ada kendaraan pikap Grandmax dengan Nopol AB 1779 MK yang dikemudian oleh SG melintas.

Kendaraan ini dihentikan petugas untuk dilakukan pemeriksaan. Saat itulah diketahui membawa puluhan anjing dengan cara dimasukkan ke dalam karung dan digantung pada besi khusus. Rencananya anjing ini akan dibawa ke Surakarta untuk dijual sebagai bahan makanan olahan daging anjing. 

“Saat diperiksa mereka tidak dapat menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan,” kata Jefry, Kamis (6/5/2021). 

Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan dari pelaku. Ada dua orang yang diamankan SG (50) warga Duren Sawit, Jakarta dan SR (48) warga Sragen, Jawa Tengah.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2