Tak Miliki Pelabuhan, Nelayan Bantul Belum Bisa Optimalkan Potensi Ikan di Perairan Selatan

Yohanes Demo ยท Selasa, 22 November 2022 - 17:00:00 WIB
Tak Miliki Pelabuhan, Nelayan Bantul Belum Bisa Optimalkan Potensi Ikan di Perairan Selatan
Tak miliki pelabuhan nelayan Bantul hanya gunakan perahu kecil (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id - Potensi pesisir selatan Bantul sangat strategis untuk melakukan aktivitas penangkapan ikan. Hanya saja Bantul tidak memiliki pelabuhan sehingga nelayan hanya berlayar dengan perahu kecil. 

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Istriyani menyampaikan, dengan luas 200 mil Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) dan 15 kilometer panjang perairan pantai, Kabupaten Bantul memiliki potensi yang sangat besar dari hasil penangkapan ikan. Namun nelayan asli Bantul tidak bisa melaut sampai perairan dalam karena hanya menggunakan kapal berukuran kecil.

"Potensinya sangat besar, tapi karena armada penangkapan ikan kita hanya skala kecil, perahu motor tempel, sehingga kita hanya bisa menangkap di jalur satu dan jalur dua antara 4-12 mil," ujarnya, Selasa (22/11/2022).

Istriyani mengatakan, potensi hasil laut di wilayah perairan Bantul masih cukup banyak. Berbagai ikan demersal (ikan dasar air) dan ikan pelagis (ikan perairan dangkal) masih banyak ditemukan. Agar hasil tangkapan nelayan lebih maksimal, perlu adanya dukungan fasilitas alat tangkap dan kapal yang lebih besar.

"Masih sangat perlu, karena itu semua harganya tidak murah dan tidak semua orang bisa membeli itu," kata dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: