Tak Oleng Saat Pandemi Covid-19, Bisnis Miniatur Truk Cukup Menjanjikan

Trisna Purwoko ยท Jumat, 26 Februari 2021 - 22:31:00 WIB
Tak Oleng Saat Pandemi Covid-19, Bisnis Miniatur Truk Cukup Menjanjikan
Samsul Arifin menunjukkan miniatur truk yang dijual dengan harga Rp25-300 ribu. (Foto: iNews.id/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id – Video viral tentang truk oleng telah menginspirasi seorang warga Bantul, Samsul Arifin membuat miniatur truk. Dibuat mirip dengan truk asli lengkap dengan aneka lampu hias, usahanya mampu bertahan di masa pandemi Covid-19.

Usaha membuat miniatur truk ini mulai dilakoni Samsul sejak tahun 2019 lalu. Warga Dusun Kaliasem, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul ini mendirikan Alerry Shop yang mampu menciptakan lapangan kerja. Setidaknya ada empat orang pekerja yang setiap hari membuat miniatur truk berbahan kayu tripleks.  

“Awalnya saya hanya jualan stiker di sekolah-sekolah, beberapa stiker ini untuk ditempel di mainan truk,” kata Samsul, Jumat (26/2/2021). 

Saat itu truk kayu sudah mulai marak dimainkan anak sekolah dengan cara ditarik. Apalagi dengan banyaknya video di Youtube tentang truk oleng membuatnya ingin menciptakan miniatur truk. Belajar secara otodidak dari Youtube, dia mampu menghasilkan truk oleng. 

Kini Samsul dalam sepekan bisa menghasilkan minimal empat unit truk. Omset perbulannya pun semakin meningkat dan menembus Rp10 juta. Truk ini banyak dipasarkan secara online melalui media sosial dengan harga antara Rp250.000 sampai dengan Rp300.000.

“Keunggulan saya desain stiker dan tulisan di truk lebih menarik,” katanya.
 
Samsul mengatakan, banyak truk mainan yang beredar di pasaran. Namun produk buatannya nyaris sempurna karena didesaian seperti aslinya khususnya pada bagian bawah. Alhasil, truk ini akan oleng ketika ditarik melalui jalan yang tidak rata.  

Truk produksi Samsul juga dilengkapi dengan aksesoris berupa kawat stainless steel dan lampu LED dengan tenaga baterai. Produk buatanya cukup digemari pasar dan setiap bulan bisa terjual hingga 30-40 unit. 

Editor : Kuntadi Kuntadi