Teliti Kanker Payudara, Irianiwati Widodo Dikukuhkan Jadi Guru Besar UGM

Kuntadi ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 17:24:00 WIB
Teliti Kanker Payudara, Irianiwati Widodo Dikukuhkan Jadi Guru Besar UGM
Dosen FKKMK UGN Prof Irianiwati Widodo dikukuhkan jadi guru besar UGM setelah meneliti kanker payudara. (foto: istimewa)

Hingga kini pendekatan diagnosis diperoleh dari sampel biopsi jaringan kanker payudara yang dianggap sebagai tindakan invasif. Sedangkan lewat metode pengambilan sampel liquid biopsy merupakan metode baru yang non invasif dan menjanjikan. 

“Konsep liquid biopsy adalah memeriksa komponen-komponen tertentu tumor yang dilepaskan dalam sirkulasi darah, termasuk mutasi DNA dan pola metilasi DNA yang didapatkan untuk kepentingan diagnosis, follow up terapi dan prognosis,” ujarnya.

Teknologi next-Generation Sequencing (NGS) dan analisis berbasis PCR berperan sangat penting pada keberhasilan analisis circulating tumor DNA. Pemeriksaan komprehensif kanker payudara dimulai dari pemeriksaan morfologi dan pemeriksaan berbasis molekuler saat ini sudah dapat dilakukan di berbagai pusat laboratorium Patologi Anatomi di Indonesia.

Untuk itulah dibutuhkan sarana dan prasarana dan SDM serta fasilitas teknologi terkini untuk mendukung pemeriksaan kanker payudara sejak dini. Selain itu juga sinergitas dan kolaborasi dari berbagai pihak supaya kanker payudara dapat ditangani secara berkelanjutan di setiap tahapannya. Mulai dari diagnosis hingga perawatan, sehingga morbiditas dan mortalitas kanker payudara dapat diturunkan. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: