Tempat Berlatih Kopassus Ini Ternyata Kolam Selam Terdalam di Asia Tenggara

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 18 November 2021 - 08:41:00 WIB
Tempat Berlatih Kopassus Ini Ternyata Kolam Selam Terdalam di Asia Tenggara
Kopassus dikenal sebagai pasukan hebat yang memiliki kemampuan istimewa, salah satunya menyelam. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kopassus memang luar biasa. Di Kompleks Kopassus, Cijantung, ada kolam Tribuana yang biasa digunakan menyelam anggota pasukan khusus. Kolam ini  mempunyai kedalaman 16 meter.

Kolam yang biasa digunakan pasukan katak (Paska) Kopassus ini ternyata kolam terdalam se-Asia Tenggara

Hebatnya, seorang Paska bahkan ada yang mampu bertahan selama 2 menit 30 detik tanpa alat di kolam ini.

"Kolam ini terdalam se-Asia Tenggara dengan ukuran 21 meter x 15 meter," kata Kapten Inf Wayan Nantra yang diberi tugas mengelola kolam Tribuana bekerja sama dengan Mares, dikutip iNews.id dari buku Kopassus untuk Indonesia Jilid II, Kamis (18/11/2021).

Kapten Inf Wayan mengatakan, kedalaman kolam tersebut berurutan, mulai dari 5 meter, 10 meter, sampai 16 meter. Sejauh ini, penyelam Kopasssus telah mampu mencatat rekor terlama bertahan di kolam tanpa alat. 

"Rekor penyelam Kopassus bisa bertahan 2 menit 30 detik tanpa menggunakan alat di dalam kolam selam tersebut," kata Kapten Inf Wayan Nantra.

Kolam di kompleks Kopassus, Cijantung ini tak hanya digunakan Kopassus. Beberapa kelompok selam juga menggunakan fasilitas tersebut dengan izin khusus. 

Kompleks Tribuana Dive Center juga dilengkapi dengan kamar dekompresi atau decompression chamber untuk keselamatan para penyelam. Selain itu, ada fasilitas untuk simulasi operasi di laut dan perairan.

Contohnya keberadaan sebuah platform yang menyerupai skid helikopter sebagai tempat simulasi Paska diterjunkan dari helikopter ke perairan untuk menjalankan misi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: