Temukan 56 Ternak Suspect PMK, Dinas Peternakan Gunungkidul Tutup Seluruh Pasar Hewan

erfan erlin ยท Selasa, 31 Mei 2022 - 19:45:00 WIB
Temukan 56 Ternak Suspect PMK, Dinas Peternakan Gunungkidul Tutup Seluruh Pasar Hewan
Jumlah hewan ternak yang terpapar PMK di Gunungkidul mengalami lonjakan. (MPI/erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Jumlah ternak di Kabupaten Gunungkidul yang terjangkit penyakit kuku dan mulut (PMK) terus bertambah. Setelah pekan lalu ada enam sapi yang positif, kini ada 56 ternak yang dinyatakan suspect. 

“Setelah melakukan pemeriksaan hewan ternak di berbagai titik, kami temukan 56 yang suspek PMK,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Wibawanti Wulandari, Selasa (31/5/2022).  

Ternak yang terindikasi ini tersebar di beberapa kapanewon (kecamatan) di Gunungkidul, seperti di Playen, Semanu, karangmojo yang selama ini populasi ternaknya tinggi. Agar tidak meluas, Dinas Peternakan memutuskan menutup seluruh pasar baik yang besar maupun kecil.  
 
Menurutnya, Kapanewon Playen dan Semanu merupakan lokasi dua pasar hewan terbesar di Gunungkidul. Sehingga lalu lintas ternak di kedua wilayah tersebut memang cukup padat. Karena Pasar Siyonoharjo berada di Playen dan Pasar Munggi ada di Semanu.

"Sekarang kami ambil kebijakan tegas. Kita tutup semua pasar hewan baik besar ataupun kecil," kata dia. 

Penutupan pasar dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus. Dikhawatirkan jika hewan ternak yang sehat bertemu dengan ternak sakit penyebarannya akan cepat.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: