Tentara AS yang Menolak Vaksin Covid Bakal Dipecat

Anton Suhartono · Rabu, 15 September 2021 - 21:16:00 WIB
 Tentara AS yang Menolak Vaksin Covid Bakal Dipecat
Pmerintah AS mengancam akan memecat tentara mereka yang menolak divaksin Covid-19. (Foto Ilustrasi : Antara)

WASHINGTON, iNews.id - Pemerintah Amerika Serikat (AS) bertindak tegas terhadap tentara yang menolak vaksin Covid-19. Mereka akan mendapatkan sanksi skorsing hingga dipecat dari dinas militer. 

Pernyataan ini disampaikan usai Presiden Joe Biden mewajibkan vaksin Covid-19 kepada para abdi negara untuk mencegah penyebaran virus corona di saat negara itu berjuang melawan gelombang terbaru.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS juga sudah mengeluarkan izin penuh bagi vaksin Pfizer pada Agustus, bukan lagi untuk penggunaan darurat seperti dikeluarkan pada Desember 2020.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah memerintahkan semua anggota militer aktif untuk mendapatkan vaksin.

Angkatan Darat (AD) telah mulai menerapkan perintah ini pada akhir Agustus lalu, namun memberikan pengecualian dengan alasan medis, keyakinan agama, serta alasan administrasi.

Hanya saja para pejabat militer seperti komandan, sersan mayor, sersan pertama, serta perwira yang masuk daftar komando yang menolak divaksin tanpa alasan jelas akan menghadapi skorsing dan pembebasan tugas. 

"Sementara tentara yang menolak vaksin langkah pertama akan diberi nasehat melalui rantai komando dan layanan medis. Jika terus tak mematuhi bisa mendapat hukuman administratif atau non-yudisial, termasuk pembebasan tugas dan pemberhentian," bunyi pernyataan AD AS, dikutip dari Reuters, Rabu (15/9/2021).

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2