Tergerus Sekolah Swasta, Puluhan SD Negeri di Sleman Kekurangan Siswa

erfan erlin · Kamis, 23 Juni 2022 - 18:19:00 WIB
Tergerus Sekolah Swasta, Puluhan SD Negeri di Sleman Kekurangan Siswa
Sebanyak 23 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Sleman minim pendaftar.. (Foto: Ilustrasi/Ist)

SLEMAN, iNews.id- Sebanyak 23 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Sleman minim pendaftar. Mereka hanya mendapatkan siswa yang jumlahnya kurang dari 10 orang. 

Kendati demikian, Dinas Pendidikan Sleman belum memutuskan akan melakukan regrouping atau tidak. 

Sekretaris Disdik Sleman Sri Adi Marsanto mengatakan, penyebab adanya sekolah yang memiliki minim peminat diduga karena minimnya lulusan TK atau usia SD, di wilayah tersebut. Di samping mungkin karena keberhasilan program Keluarga Berencana dari pemerintah.

Penyebab lainnya adalah animo wali murid untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah-sekolah swasta cukup tinggi. Serta tak sedikit memilih mendaftarkan anaknya ke sekolah berasrama atau pondok pesantren yang kini memang tengah moncer.

"Sekolah-sekolah swasta memang kini banyak yang berbenah. Sehingga mereka semakin diminati,"tutur dia, Kamis (23/6/2022).

Ia mengakui saat ini banyak sekolah swasta yang berdiri dan memiliki teknik kegiatan  belajar mengajar yang baik. Dengan demikian, wajar jika semakin banyak menarik wali murid menyekolahkan anak mereka ke sana.

Pihaknya tidak bisa membendung inovasi yang dilakukak olehn sekolah swasta sehingga dianggap memiliki keunggulan. Karena mereka juga harus membiarkan sekolah swasta berkembang agar bisa bersaing dengan sekolah lain.

"Setiap orang tua punya pilihan masing-masing bagi anaknya, yang menurut mereka itu yang terbaik bagi anak," ucapnya.

Kendati Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sleman berakhir pekan lalu, namun pihaknya akan mengevaluasi sejumlah hal dalam pelaksanaan. Apalagi para wali murid yang ikut dalam pelaksanaan PPDB juga telah terbiasa dengan sistem PPDB.

"Jadi ketika ada yang datang ke Posko PPDB, itu hanya ingin memantapkan benar tidaknya informasi yang mereka terima atau dapatkan dari sistem," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: