Ternyata Ini Alasan Kenapa Hukuman Pancung di Arab Saudi Boleh Ditonton Banyak Orang

Sindonews, Maria Alexandra Fedho ยท Sabtu, 19 Februari 2022 - 08:40:00 WIB
 Ternyata Ini Alasan Kenapa Hukuman Pancung di Arab Saudi Boleh Ditonton Banyak Orang
Warga menonton proses eksekusi di Arab Saudi. Hukuman pancung diberikan ke pelaku tindak pidana seperti terorisme, spionase, perampokan bersenjata, perzinaan dan pembunuhan. (Foto : Reuters)

RIYADH, iNews.id - Hukum pancung sering dilaksanakan di Arab Saudi. Negara itu memang masih mempertahankan hukum pancung dalam sistem peradilannya. 

Hukuman ini selaras dengan landasan negara yang bersandar pada syariat Islam. Hukum pancung bahkan dilaksanakan di tempat umum dan boleh ditonton banyak orang. 

Di Arab Saudi, hukuman pancung diberikan kepada pelaku tindak pidana seperti terorisme, spionase, perampokan bersenjata, perzinaan dan pembunuhan. 

Namun, meskipun sudah ditetapkan oleh pengadilan, eksekusi hukum pancung dapat dibatalkan. Hal yang bisa membatalkannya adalah adanya pemaafan yang diberikan keluarga korban dan pelaku membayar uang pengganti (diyat) berdasarkan kesepakatan bersama keluarga korban.

Di Arab, hukuman mati berupa pancung dianggap cara yang paling baik karena tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan.

Hal itu karena terputusnya jutaan urat-urat saraf perasa dengan pusat saraf, yakni otak. Orang yang bertugas memenggal adalah seorang algojo yang sudah sangat terlatih dalam menggunakan pedang. Dan, tentu saja, pedang yang digunakan harus dalam keadaan tajam.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: