Tinggal 13 Kalurahan di Gunungkidul yang Terkendala Sinyal Internet

Kismaya Wibowo ยท Selasa, 24 Mei 2022 - 19:11:00 WIB
Tinggal 13 Kalurahan di Gunungkidul yang Terkendala Sinyal Internet
Menara seluler (Foto: Okezone.com)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul mengklaim hampir seluruh kalurahan sudah terkoneksi dengan internet. Tinggal 13 kalurahan yang masih terkendala karena kondisi alam.

“Hampir semua kalurahan sudah memiliki koneksi internet, tinggal 13 kalurahan yang masih sulit sinyal alias blankspot," kata Kepala Diskominfo Gunungkidul Wahyu Nugroho Selasa (24/05/2022).

Anggaran menjadi kendala terbesar yang dihadapi untuk menyediakan fasilitas internet. Butuh anggaran hingga ratusan juta untuk mendirikan tower seluler. Hal ini sudah dibicarakan dengan pihak ketiga agar membangun tower atau mengalokasikan dana CSR.  

“Kami sedang menyiapkan perangkat internet di kawasan Pantai Wediombo, Girisubo. Cakupan jaringannya saat ini mencapai radius sekitar 100 meter,” katanya. 

Kepala Dispar Gunungkidul Mohamad Arif Aldian mengatakan, keterbatasan sinyal internet menjadikan pelaksanaan e-ticketing retribusi wisata tidak bisa diterapkan. Jika ada hanya ada satu operator seluler yang bisa melayani karena keterbatasan sinyal. 
 
“Program e-ticketing hanya bisa dilakukan dengan internet. Makanya kami terus komunikasi dengan Diskominfo untuk mengatasi permasalahan ini,”katanya. 

Selain itu, internet juga diperlukan dalam mengakses pembayaran non tunai. Pembayaran secara nontunai juga menjadi tren yang harus diikuti untuk memudahkan wisatawan. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: