Tingkatkan Kualitas Lulusan, SMKN 2 Pengasih Datangkan Guru Tamu dari Industri Furnitur

Kuntadi ยท Kamis, 24 November 2022 - 21:17:00 WIB
Tingkatkan Kualitas Lulusan, SMKN 2 Pengasih Datangkan Guru Tamu dari Industri Furnitur
SMKN 2 Pengasih mendatangkan guru tamu untuk meningkatkan kualitas lulusan. (foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - SMKN 2 Pengasih, Kulonprogo meningkatkan kualitas pendidikan agar sejalan dengan dunia industri. Mereka mendatangkan guru tamu untuk berbagi ilmu dan pengalaman untuk meningkatkan kompetensi lulusan.

Kepala SMK N 2 Kulonprogo, Sumarno mengatakan, sebagai sekolah kejuruan mereka tidak bisa lepas dengan dunia industri. Untuk itulah sekolah mengundang guru tamu dari Semarang untuk memberikan pelatihan furnitur kayu bagi siswa kelas XI dan XII jurusan Teknik Furnitur. Pelatihan ini digear bersama dengan Hobi kayu Indonesua (HKI) DIY dan Carta serta Lem Ah-Bond. 

“Ketiganya kami gandeng untuk meningkatkan kompetensi siswa. Apalagi selama ini mereka ada dalam urusan finishing furnitur,” kata Sumarno.  

Sumarno mengatakan, HKI merupakan komunitas yang hobi dalam pengolahan kayu. Sementara EHA BOND jago dalam urusan finishing furnitur. Begitu juga Carta sebagai  produsen HPL yang digunakan dalam finishing furnitur.

“Anak-anak ini tidak hanya dilatih tentang teori, tetapi juga praktik di bengkel pertukangan sehingga produk yang dihasilkan siap dipasarkan,” katanya. 

SMKN 2 Kulonprogo terus berupaya memaksimalkan jumlah jam pembelajaran dengan pendampingan langsung dari industri melalui program satu semester 50 jam pembelajar bersama guru tamu dari industri. Peserta pelatihan ada 72 anak dengan kapasitas satu kelas 36 anak. 

“Kami terus menggandeng dunia industri agar anak-anak bisa mendapatkan sertifikat untuk memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: